MASIGNASUKAv102
7882668311086573654

Restorasi Blog Untuk Mulai Berkarir Di Google Adsense

Restorasi Blog Untuk Mulai Berkarir Di Google Adsense
Add Comments
Thursday, June 11, 2020


Hallo, Sahabat.....

Sudah lama saya tidak buat artikel di blog ini, terakhir posting blog di tahun 2014, sampai posting artikel ini di publish sudah 6 tahun lamanya saya telantarkan blog ini.

Ya, karena fokus kerja di dunia nyata dan pemikiran bahwa keberhasilan seseorang itu dengan bekerja dengan mencapai posisi setinggi mungkin di sebuah perusahaan dan mendapatkan gaji sampai 2 digit. Tapi selama 6 tahun itu saya susah payah untuk mengejar itu. Karena semakin tinggi dan pengaruh orang tersebut di dunia kerja nya semakin banyak energi dan pikiran yang terkuras dalam pekerjaannya.

Dalam perjalanan hidup saya, saya selalu membuat resolusi untuk perubahan yang lebih baik.

Saya akan rangkum secara singkat saja di sini ya, karena pasti yang di tunggu-tunggu netizen adalah judul dari postingan ini 😆😆😆

Restorasi My Blog

Okey,

Tahun 2007 : Lulus di salah satu SMK negeri terbaik di kota nya

Tahun 2009 : Setelah 3 tahun bekerja di dunia industri khususnya manufakturing, memutuskan untuk kuliah dengan jurusan teknik mesin.

Tahun 2014 : Mendapatkan gelar Sarjana Teknik di salah satu Perguruan tinggi swasta di daerah jakarta barat, dengan predikat biasa-biasa saja. 😀😀😀

Ada yang menarik dari tahun 2009 – 2014 ini, mungkin bisa jadi Contoh buat sahabat DanurPutra(dot)Blogspot, mungkin saya singkat saja ya jadi DP(dot)B.

  • Saya kuliah sambil bekerja : prinsip saya, karena tidak ingin membebani orang tua dan otomotis kita bertanggung jawab dengan sukses nya kuliah kita, alhamdulillah tidak sampai di DO dan bisa Lulus.
  • Jarak pabrik saya dengan kampus saya adalah 70 km atau 2+ jam perjalanan yang harus saya tempuh.
  • Senin – jumat work day, Sabtu-minggu Study day.
  • Terjadinya gelombang demo terbesar meminta kenaikan upah yang disponsori serikat kerja dan berhasil melumpuhkan akses jalan tol selama 2 hari dan berhasil menekan pemerintah saat itu untuk memenuhi tuntutan buruh, karena saya juga butuh, maka saya ikut aksi-aksi demo tersebut dan berhasil menaikkah upah saya sekitar 40 %, alhamdulillah ada lebih buat jajan. Gak tekor lagi bayar semesteran.
  • Saya mulai menambahkan skill teknik saya dengan mencari guru private gambar. Cikal bakal saya masuk ke dunia kontraktor sebagai drafter. 
  • Bekerja dibidang kontraktor spesialis MEP (mekanikal, elektrikal, plumbing)

Selama 5 tahun saya bekerja ada rasa jenuh dan lelah, mulai dari jarak rumah dan tempat kerja yang lumayan jauh, kemacetan di jabodetabek, Porsi pekerjaan, dsb.
Tetapi yang mengganggu pikiran saya adalah artikel, video content, dan testimoni yang bertebaran di internet bagaimana cara menghasilkan uang di internet dan sudah banyak orang-orang yang berhasil di sana
Saya pun jadi tertarik, lalu saya pelajari dan riset, dan yang di butuhkan adalah punya akun sosial media yang punya kualitas dan kuantitas bagus. Bisa dengan Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan Web. Dari ke 5 media tadi saya sudah punya dari sebelum tahun 2010. dan sayangnya saya gak mengerti bagaimana cari mengolahnya jadi sebuah akun profesional. okey, kita tidak usah flashback... yang lalu biarlah berlalu, masa kini dan masa depan kita mulai dari hari ini.

So, dari semua media yang saya punya, ada 1 media sosial yang saya harus fokus kembangkan dengan target dapat adsense dari google, dari hasil riset saya, itu tidaklah mudah dan cepat, kalian bisa riset sendiri dengan mencari kata kuncinya.

 
Untuk Yang benar-benar mulai dari awal, hal yang harus kalian lakukan adalah:
  1. Buatlah akun google, bila sudah punya bisa pakai akun tersebut.
  2. Daftarlah ke blogspot dengan akun tersebut
  3. Design halaman blog kalian, klik tema dan pilih template, aturlah tata letak sesuai kebutuhan.
  4. Perbanyaklah postingan dengan artikel dan content yang unik, bermutu, original dan bertanggung jawab.

Saya mulai bertindak dengan cepat sesuai arahan dari kebijakan privacy dan persyaratan layanan google, sebelum kalian menggebu-gebu keinginan buat blog adsense, sebaiknya kalian mampir dahulu ke halaman support google adsense, di sana kalian coba pahami *dasar-dasar google adsense.

Setelah itu, saya mulai membenahi blogspot saya yg sudah di buat dari tahun 2010 dengan merestorasi semua bagian-bagian blogspot lama saya, yang menurut google adsense belum layak dan masih banyak perbaikan bila mau di daftarkan ke google adsense. 

Berikut Langkah-langkah Restorasi Blog saya Untuk Mulai Berkarir Di Google Adsense:
  1. Mencari template design yang friendly dan rensponsif untuk adsense, saya memakai Template by ID Blanter
  2. Membuat halaman statis*, ABOUT, SITE MAP, ToS, Contact dsb
  3. Mengatur tata letak sesuai kebutuhan, Label, Post Archive, Post Populer dsb.
  4. Membuat navigasi blog, Home, News, Artikel, Download, Marketplace dsb. Buatlah sesuai konsep blog kalian, dan buatlah sub kategori nya berdasarkan label-label dalam postingan kalian.
  5. Perbanyaklah dahulu postingan dengan artikel- artikel yang unik, bermutu, original dan bertanggung jawab.
Okey, Sahabat DP(dot)B.
Setelah semua itu selesai baru saya mendaftar ke Google AdSense, dan lakukan langkah berikut :

1. Memeriksa apakah situs siap menampilkan iklan

Google menjalankan beberapa pemeriksaan untuk memastikan situs kalian siap menampilkan iklan. Dengan memverifikasi bahwa kalian adalah pemilik situs dan bahwa situs kalian mematuhi kebijakan Program AdSense. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi terkadang bisa membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Google akan memberi tahu, saat telah menyelesaikan pemeriksaan dan situs kalian siap menampilkan iklan.

2. Siap Menampilkan Iklan

Cara memeriksa:
- Klik Tata letak, lalu tambahkan widget dan cek apakah sudah ada logo AdSense di urutan pertama. Bila Belum, 


- Pergi ke halaman Google AdSense dan klik ringkasan Izinkan Google menempatkan iklan Anda. Tambahkan kode ke situs Anda lalu Google akan menampilkan iklan di semua tempat terbaik secara otomatis. Klik dapatkan kode.
- Cek kembali Setelan Blogspot kalian.
- Lakukan terus bila widget iklan belum tampil di setelan.
- Bila belum juga, Klik Iklan - Channel URL - Lalu + Saluran Baru dengan copas link URL blog kalian.
- Bila Sudah Terdaftar kalian bisa cek di Laporan 



Dan alhamdulillah, DanurPutra(dot)Blogspot sudah di adsense dan siap menampilkan iklan, tapi perjuangan belum selesai sahabat, tidak akan langsung mendapatkan keuntungan dari Google Adsense, dikarenakan Adsense sangat mengandalkan traffic dan klik dari pengunjung blog. Jika pengunjung blog masih sedikit peluang untuk publisher google adsense mungkin saja sangat kecil bahkan mungkin tidak ada. Oleh karena itu saya harus mengejar SEO nya Google. dan bersaing dengan situs web lainnya. 

Langkah Selanjutnya adalah Mengejar karir SEO Google