MASIGNASUKAv102
7882668311086573654

Cara Bayar Pajak Dan Ganti Plat Nomor Kendaraan

Cara Bayar Pajak Dan Ganti Plat Nomor Kendaraan
Add Comments
Thursday, August 30, 2012
Tidak terasa sudah 10 tahun saya memiliki yamaha mio keluaran tahun 2007 ini, mungkin untuk seusia itu banyak yg berfikir kondisi motor yg sudah tidak terawat dan jadul, tapi alhamdulillah motor saya masih sehat walafiat dan layak pakai dan layak jalan. Semua tergantung perawatan dan perlakuan kita terhadap motor.

Di bulan 3 di tahun 2017 ini tepat jatuh tempo pajak, karena sudah 5 tahun  plat nomor nya pun juga harus di ganti dengan tahun muda untuk jangka 5 tahun ke depan (2017-2022).

Mungkin ada yang kebingungan atau belum tahu cara pembayaran pajak kendaraan dan pergantian plate nomor, kalo kamu punya waktu luang banyak, lebih baik mengurus sendiri dari pada membayar orang atau calo.



OK, saya bakal share di sini buat yg belum tahu..
  1. Cari hari yang pas bila kalian karyawan atau PNS
  2. Datang lebih awal/pagi hari untuk menghindari antrian yang panjang dan menghemat waktu kamu.. tapi kalo tidak bisa ya tak apa karena sekarang pelayanan satlantas juga sudah semakin baik, hanya di butuhkan kurang lebih 2-3jam tergantung banyaknya para pembayar pajak.
Yang perlu di persiapkan
Wajib dibawa (persyaratan membayar pajak)
  1. BPKB , bila motor kamu masih proses kredit bisa minta salinan/copy BPKBnya ke pihak lising di mana tempat kamu membayar cicilan (biasanya sih di kenakan biaya)
  2. STNK asli dan fotocopy
  3. KTP asli dan fotocopy
Bawa aja kalo mau sekalian jaga2
  1. pulpen
  2. staples/penjepit kertas
  3. pacar, istri atau teman (jaga2 aja buat teman ngobrol, atau buat gantiin antrian kamu kalo kamu kebelet pipis atau mau PUP), hehe
  4. Air Minum + Cemilan

OK, sekarang meluncur ke lokasi..
Buat yang mo ngurus pajak/perpanjangan.. Bisa langsung menuju parkiran dan menitipkan motor kamu sama abang2 yg memang di tugaskan untuk jaga parkir di area itu (jgn lupa bayar komisi jaganya yah ..)

Buat yg mau ganti plat nomor..jangan ke parkiran dulu
  • arahkan motor anda ke tempat pengecekan fisik kendaraan untuk menggesek no rangka dan mesin kamu.
  • Serahkan KTP,STNK, asli dan fotocopy BPKB ke loket pendaftaran, kemudian kamu akan di berikan kertas untuk pengujian fisik, serahkan kertas tersebut ke petugas pengecekan
  • Setelah selesai baru deh parkirkan kendaraan kamu ke tempat semestinya, tapi jangan lupa untuk menyerahkan kertas pengecekan tadi ke loket pendafatara untuk di penggil kembali (+/- 35 menit) nanti di panggil dan membayar retribusi pengecekan fisik kendaraan (motor saya kena biaya 30ribu)
  • Setelah itu baru ngambil formulir pendafataran perpanjangan pajak STNK.
  • Isi formulir lalu serahkan ke loket pendaftaran perpanjangan STNK.
  • Tunggu sekitar 1 jam-an (tergantung banyak nya antrian) nama kamu akan di panggil ke loket yang di sediakan untuk membayar Pajak kendaraan kamu.
  • Dan kamu akan di berikan kuwitansi tanda pembayaran untuk di serahkan ke loket pengambilan STNK kamu yang baru (nunggu ½ jam lah…)
  • Setelah itu kamu pergi ke bagian pencetakan Plat nomor baru (gak bayar).. nunggu sekitar 15 menit lah karena sudah menggunakan mesin pembuatan plat nya.. selesai deh

#Untuk biaya yang di keluarkan tergantung dari type dan tahun kendaraan, di tambah lagi kalo ada denda buat yang telat bayar pajak kendaraannya.




  1. TERIMA KASIH YAH BUAT INFORMASI NYA...

    ReplyDelete
  2. kira2 abis brpa jam ngurus ganti plat nomor bos?motor saya juga tahun ni hrus ganti plat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kedatangan kita di lokasi,, semakin pagi semakin cepat selesainya

      Delete
  3. Thanx info nya..bermanfaat bgt buat ane yg mau ganti plat..

    ReplyDelete