MASIGNASUKAv102
7882668311086573654

MENGEJAR SEO GOOGLE

MENGEJAR SEO GOOGLE
Add Comments
Thursday, June 11, 2020



SEO sekarang ini menjadi suatu hal yang wajib dilakukan untuk Kalian pemiliki website. Apalagi sekarang ini persaingan website dihalaman pencarian Google tidaklah mudah, banyak sekali kompetitor website lain yang melakukan strategi SEO.

APA ITU SEO?

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer"

APA GUNA DAN MANFAAT NYA?

Jika Kalian memiliki, mengelola, memonetisasi, atau mempromosikan konten online melalui Google Penelusuran, artinya SEO ini ditujukan untuk Kalian pelajari. Jika Kalian adalah pemilik bisnis yang sedang berkembang, webmaster dari puluhan situs, tertarik dengan mekanika Penelusuran maka belajar SEO adalah kuncinya. 

Jika Kalian berencana menggunakan jasa SEO profesional dan berbayar, nanti dulu...
Bagaimana bila kita belajar SEO bersama, karena saya adalah pemula di SEO yang belajar dengan otodidak. Dan mulai dari postingan ini saya akan mulai riset bagaimana menjadi seorang SEO di mulai dari Web sendiri. Sungguh kepuasan tersendiri bila sesuatu yang di kerjakan sendiri dari nol dan hasilnya dapat kita rasakan. Aamiin.



Okey, Mari kita mulai mencari tahu tentang SEO ini, pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu karakter dan sifat SEO ini.

Harap di ingat, bila perlu kalian catat.


Search Engine Optimization adalah usaha yang dilakukan untuk melakukan optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari.
Mendapatkan peringkat atas mesin pencari akan mendapakan trafik website yang lebih banyak sehingga website Kalian semakin dikenal dan banyak tawaran financial yang akan menghubungi Kalian.
Google menggunakan algoritma-algoritma tertentu dalam menentukan peringkat website, bahkan algoritma Google ini selalu update setiap hari. 
Agar bisa dengan mudah mendapatkan peringkat halaman satu Kalian perlu menyesuaikan dengan algoritma Google yang terbaru. 

Maka, Rajin dan telitilah dalam mengejar SEO untuk Web Kalian, terus pantau Statistik Web dan Halaman Google AdSense. Untuk jadikan acuan langkah yang akan di ambil selanjutnya untuk terus mengejar SEO Google.



Ada 2 jenis SEO;

1. SEO on Page

Adalah Langkah Mengoptimalkan dalam Web kita sendiri, istilah nya buat semenarik mungkin Web Kalian dahulu, postinglah artikel yang menarik, informatif, original dan bertanggung jawab. Percantik lah halaman Web Kalian baik yang statik dan dinamik. Buat lah navigasi yang ringan dan tepat. Kecepatan loading halaman, konten, kualitas konten, eksternal links, judul serta deskripsi harus di pelajari juga. Mesin pencari bisa menilai kepuasan pengunjung website dari 4 indikator SEO : 
  1. Konten bermanfaat untuk pengunjung website
  2. Navigasi website memudahkan pengunjung
  3. Pengunjung betah berlama-lama pada website
  4. Website mudah dimengerti oleh mesin pencari, semakin tinggi nilai bounce ratenya berarti semakin jelek pula website tersebut.

2. SEO Off Page

Adalah Langkah mengoptimalkan web/Web kita dari faktor yang ada di luar Web kita, contoh memberikan tautan/link dari website lain menuju website Kalian, Mempromosikan ke teman dan orang lain artikel yang mereka butuhkan bila ada di web Kalian, Menceritakan dan mengajak orang lain untuk berkunjung ke web Kalian, gunakanlah jejaring sosial Kalian dalam menyebar artikel yang sudah Kalian buat. Karena ini akan menaikkan traffic dan page ranking di mesin pencari, semakin statistik web kita naik maka semakin dilirik oleh SEO Google, peringkat di halaman mesin pencarian akan semakin mendekati minimal ke 10 besar / 10 halaman pertama. 


Kuncinya : Teruslah mengejar SEO off page bila Kalian sudah yakin dengan SEO on page.


Okey, sudah bersemangatkah sampai disini? semoga Kalian sudah pada posisi SEO off page ya.

Okey, Lanjut Lagi ya..

Apakah Kalian ada di Google?


Semakin menantang nih....


Pertama pahami dahulu Glosarium Google nya :

Index - Google menyimpan semua halaman yang diketahuinya di indeks Google. Entri indeks untuk setiap halaman mendeskripsikan konten dan lokasi (URL) halaman tersebut. Untuk diindeks adalah saat Google mengambil sebuah halaman, membacanya, dan menambahkannya ke indeks: Google mengindeks beberapa halaman di situs saya hari ini. 

Crawl - Process pencarian halaman baru atau yang diperbarui. Google menemukan URL dengan mengikuti link, membaca peta situs, dan melalui beberapa cara lainnya. Google meng-crawl web, mencari halaman baru, lalu mengindeksnya (jika sesuai). 

Crawler - Software otomatis yang meng-crawl (mengambil) halaman dari web dan mengindeksnya. 

Googlebot - Nama umum crawler Google. Googlebot meng-crawl web secara terus-menerus.

SEO - Pengoptimalan mesin telusur: proses untuk membuat situs Kalian menjadi lebih baik bagi mesin telusur. 

Okey kembali lagi Apakah Kalian ada di Google?

Tentukan apakah situs Kalian berada di indeks Google – Caranya :

Lakukan penelusuran site: Ketik URL Web / situs Kalian. Jika Kalian melihat hasilnya, artinya Web / situs Kalian sudah masuk ke dalam indeks. Jika situs Kalian tidak berada di Google - Meskipun Google meng-crawl miliaran halaman, tidak dipungkiri ada beberapa situs yang terlewat. Jika crawler Google melewatkan situs tertentu, hal ini sering kali disebabkan oleh salah satu alasan berikut: 
  1. Situs tidak terhubung dengan baik dengan situs lain di web
  2. Kalian baru saja meluncurkan situs baru dan belum di-crawl Google
  3. Desain situs mempersulit Google meng-crawl konten secara efektif.
  4. Google mendapatkan error saat mencoba meng-crawl situs Kalian.
  5. Kebijakan Kalian memblokir Google meng-crawl situs.
Okey, Troubleshoot nya sudah di beritahukan..segera cari tahu dan perbaiki ya. Dan bersabarlah dan terus mencoba sampai situs Kalian sudah masuk ke dalam indeks pencarian Google .sampai tahap ini mungkin kalian akan merasa bosan dan lelah bahkan mulai mengendorkan semangat. Ayoo. Bangkitlah.. sampai tulisan ini di buat, di revisi dan di re-publish. Saya masih ada dalam posisi ini. Kalian bisa cek sendiri dengan petunjuk di atas, tetapi bila kalian nanti mencoba dan web sudah masuk ke dalam indeks pencarian Google, berarti perjuangan saya tidak sia-sia Mengejar SEO Google. 

Jadi buat sahabat yang sudah mampir bisa kasih saran ke saya pada kolom komentar Web ini ya. Dan bantu sebarkan artikel-artikel saya di media sosial kalian. Sambil menunggu Adsense Di web ini saya juga menawarkan bila ingin menjadi Sponsorship dan memberikan Donasi untuk perkembangan web saya dan perkembangan pundi rupiah saya...hehehe. 



Dan saat ini, tugas saya hanya membuat artikel sebanyak-banyaknya untuk bisa di posting tiap hari.