MASIGNASUKAv102
7882668311086573654

Pingin Pintar Yaa Googling Aja

Pingin Pintar Yaa Googling Aja
Add Comments
Thursday, September 29, 2011


Dengan berubah nya zaman dari masa ke masa, dunia terus berkembang pesat, baik manusia, budaya, peradaban, dan teknologinya. Hal yang memungkinkan bila di masa depan nanti dunia telah berubah menjadi seperti yang di gambarkan di dalam film dan kartun fiksi yang saat ini kita tonton, dan imajinasi kita pun bermain dan membayangkan itu menjadi kenyataan. Bukan hal tidak mungkin bukan bila kita lihat sejarah industri.

Bila dulu kita mengenal revolusi industri dengan munculnya mesin uap, kemudian di susul penemuan listrik yang semakin menjadikan dunia cepat berkembang sehingga melahirkan penemuan-penemuan jenius lainnya, yakni di bidang komputer. Bila dulu kita tahu bentuk komputer sangatlah besar kini semakin maju teknologi, komputer semakin kecil, kecil dan terus mengecil. Bahkan kini bisa kita gengam dan membawanya ke mana-mana. 
Tidak hanya sampai di situ, teknologi kembali menunjukkan eksistensinya, para pakar dan ahli saling berlomba-lomba menciptakan inovasi dan temuan-temuan baru untuk merealisasikan imajinasi tentang masa depan yang High Technology.

Para pakar teknologi pun mengkategorikan perkembangan dunia industri menjadi 4 revolusi industri, yakni :

1. Revolusi Industri 1.0; di tandai dengan penemuan mesin uap dan menggantikan tenaga manusia, binatang dan alam.
2. Revolusi Industri 2.0; di temukannya listrik yang merubah total dunia menjadi terang.
3. Revolusi Industri 3.0; perkembangan dunia hardware komputer.
4. Revolusi Industri 4.0; kemajuan teknologi data dan informasi digital dan jaringan internet yang semakin membuat dunia ini hanya sebesar kepalan tangan. Wow.

Yup, Bila dulu para ilmuan dalam penemuannya sering melakukan riset dan melakukan banyak percobaan, dimana 10x percobaan hanya mendapatkan 1 kemungkinan. Belum lagi material yang mereka butuhkan harus di teliti dengan rumus-rumus fisika, kimia atau matematika yang harus di jabarkan atau di urai. Wah, sungguh perjuangan luar biasa bukan? betapa zaman dahulu menjadi orang pintar bahkan jenius haruslah butuh perjuangan dan kesabaran ekstra. Berbeda dengan saat ini dimana informasi dan pengetahuan mengalir deras dari mana pun, hasil yang mereka ciptakan kini dapat dimanfaatkan oleh orang banyak, bahkan membuat manusia yang hidup di era industri 4.0 ini bergelimangan informasi yang banyak dari bermacam sumber. 
Sekarang kita sudah berada di era industri 4.0 dimana semua sudah modern dan simple, salah satu produk dari industri 4.0 adalah :

1. Gadget / Smartphone
2. Laptop dan PC 
3. Internet

Tentu dengan produk yang di hasilkan dari revolusi industri ini membuat manusianya lebih pintar lagi, betul bukan? Apalagi di era 4.0 semua berkemungkinan bisa menjadi penemu berikutnya, dimana mereka bisa mengkolaborasi informasi lalu mengupgrade nya menjadi sebuah kemungkinan yang baru dari yang belum pernah ada. Bahkan dari usia dini, karena seperti kita ketahui anak SD sudah menggunakan smartphone dan bisa mengakses internet. 

Pada era internet seperti sekarang, apa pun bisa dicari dengan meng-googling saja informasi yang diinginkan, kita akan dengan mudah menemukan informasi terkini tentang berbagai hal yang berkaitan dengan apa yg lagi trend baik di masa sekarang atau masa lampau, bahkan kita bisa mencari solusi untuk permasalahan yg kita hadapi. Bahkan google dengan mesin pencaharian berhasil menggeser profesi dukun dan paranormal, hehehe :D

Seharusnya dengan fasilitas era 4.0 yang ada saat ini, semua orang bisa jadi pintar bahkan jadi ahlinya dari ahli, hehe. Loh, kenapa tidak, dengan melakukan kata kunci pencaharian informasi yang kita mau akan muncul dengan puluhan sumber, puluhan pilihan dan  puluhan hasil.

Budaya belajar pun sekarang berkembang pesat, yang otodidak semakin melesat kemampuannya dari orang belajar secara lembaga maupun private. Belajar dengan referensi internet sangatlah menguntungkan baik dari sisi uang, waktu dan tempat. Dengan bermodal gadget/pc/laptop di tambah kuota internet, cukuplah kita untuk mendapatkan informasi. 

Di era industri 4.0 ini bisa kita lihat perubahan yang signifikan dari dunia pendidikan.
1. Ada nya pembelajaran online (E-leaening)
2. Aplikasi/software pendidikan dan pelajaran banyak di ciptakan, bahkan yang saya tahu ada yang berhasil membuat aplikasi pencari jawaban soal integral dalam ilmu kalkulus. Luar biasa bukan?
3. Belajar online secara berkelompok/grup/kelas, kita pasti tidak asing dengan Webinar. Yup, itu salah satunya.

So, bila kita ingin pintar tidak ada alasan lagi buat menunda-nundanya, karena di era ini semua orang berpotensi menjadi pintar secara instan. Apakah kalian mau menjadi satu dari golongan orang bodoh yang malas mencari tahu, malas berpikir, cuek terhadap perkembangan teknologi dan perubahan indonesia.

Hmmmmm... Mau jadi apa nasib bangsa ini bila ada salah satunya dari kalian, itu baru salah salah satu, bagaimana kalo orang  dari golongan ini jumlah nya ratusan, puluhan bahkan sampai jutaan di indonesia?
 

Semoga Bermanfaat.